Header Ads

header ad

Pelantikan Anies dan tawa Prabowo di kantor Jokowi


[lndonesia.orgJakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik Anies Baswedan danSandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Jakarta. 

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 83/P/2017 tentang tentang pengesahan pemberhentian Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2012-2017 dan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022.

Turut hadir dalam acara pelantikan itu termasuk Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo tiba pukul 15.20 WIB, dengan menaiki mobil Lexus bernomor polisi B 17 GRD. 

Di halaman halaman belakang Istana Negara, Prabowo menyampaikan harapannya kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. "Tentunya kita beharap beliau dan wakilnya berjalan dengan baik. Masalah di Jakarta sangat rumit, pelik, berat. Minta berdoa mereka berhasil," ucap Prabowo sebelum pelantikan.

Prabowo berpesan, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno harus memperhatikan dan mengakomodasi seluruh kepentingan warga DKI Jakarta. Baik itu kepentingan pengusaha maupun kepentingan seluruh sektor. 

"Saya pesankan mereka akomodatif dan memperhatikan kepentingan semua sektor, kepentingan pengusaha harus diperhitungkan juga," ujarnya.

Prabowo juga menyatakan saat ini Pilgub DKI sudah usai. Karenanya Anies-Sandi adalah gubernur dan wakil gubernur bagi seluruh rakyat DKI Jakarta.

"Kemarin malam pak Anies dan Sandi datang bertemu kami. Kami juga pesan bahwa sekarang beliau adalah gubernur untuk seluruh rakyat DKI baik yang memilih beliau dan yang tidak memilih beliau. Tentunya saya percaya mereka adalah pemimpin-pemimpin yang baik yang mengayomi dan menaungi semua pihak," katanya.

Prabowo menegaskan janji kampanye Anies-Sandi adalah utang. Hal itu juga termasuk soal penolakan terhadap reklamasi teluk Jakarta.

"Ya tentunya janji adalah utang. Tentunya juga mereka bertekad bekerja untuk kepentingan rakyat. Tadi saya juga pesankan mereka juga harus akomodatif, harus juga memperhatikan kepentingan semua sektor, juga kepentingan para pengusaha yang harus diperhitungkan dan harus bisa diakomodasi," kata mantan Pangkostrad ini.

Lebih lanjut Prabowo mengatakan, soal reklamasi Anies-Sandi akan melakukan kajian buat mengambil langkah terbaik. "Ya saya kira gubernur akan melakukan pengkajian dan nanti mengambil langkah yang terbaik," katanya.

Ditanya apakah di sela acara pelantikan Anies-Sandi, Prabowo ada agenda bertemu dengan Jokowi. "Ya masa enggak ngobrol," katanya sambil tertawa.

Proses pelantikan pun berjalan lancar. Usai pelantikan Prabowo, Jokowi, Jusuf Kalla, Wiranto dan lainnya terlihat duduk semeja. Mereka tampak mengobrol sembari menikmati makanan. Sesekali terdengar tawa Prabowo atau Jokowi dari arah meja mereka. Tak lama Prabowo pun pamit meninggalkan Istana usai melakukan swafoto bersama Jokowi, Jusuf Kalla dan Anies-Sandi.

Menurut Prabowo, pelantikan Anies-Sandi bernuansa kekeluargaan. "Semuanya dalam suasana bagus, kekeluargaan, dan semangat persatuan," ucapnya.

Di sela-sela pelantikan, Prabowo mengaku berbincang hangat dengan Jokowi dan Jusuf Kalla. Dia juga mengaku berbicang dengan tokoh-tokoh pemerintah lainnya. "Semuanya, suasana baiklah," lanjutnya.

Soal apa saja yang dibahas dengan Presiden Jokowi, Prabowo menolak untuk membeberkan. Tak semua isi perbincangan bisa disampaikan ke publik. "Mau tahu saja, masa saya cerita sama kamu," ujar dia.

Prabowo hanya menekankan, semuanya baik-baik saja. "Baik-baik saja semuanya," kata Prabowo sembari meninggalkan Istana. [eko]

Sumber
loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.